Kehebatan Renault Duster 4x4

 on Wednesday, April 8, 2015  

Renault Duster 4x4 sebenarnya bukan produk baru bagi PT Auto Euro Indonesia selaku pemegang merek Renault di Indonesia. Varian penggerak roda 4x4 ini sudah pernah diperkenalkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 silamMasih menggunakan mesin 1.461cc dCi tipe K9K berteknologi common rail multi injection turbodiesel, maka pasokan tenaganya pun serupa dengan Renault Duster berpenggerak roda depan yang pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 2013

Melalui mesin ini Duster 4x4 sanggup menorehkan tenaga 110 PS pada 4.000 rpm dengan torsi 245 Nm di 1.750 rpm. Transmisi yang digunakan pun tetap sama yakni 6 percepatan manual tanpa ada pilihan transmisi otomatisnya. Lantas apa potensi yang terdapat pada Renault Duster 4x4?



Beruntung kami mendapat kesempatan menjajal SUV compact asal Perancis ini di trek offroad Jeep Station Indonesia yang berlokasi di Megamendung, Bogor, Jawa Barat, Selasa (7/4/2015). Medan yang harus dilalui untuk pengujian ini adalah jalan bebatuan kerikil, kubangan lumpur, kubangan air setinggi 30-35 cm, hingga tanjakan dengan sudut kemiringan 30 derajat.


Menggunakan transmisi manual, maka instruktur yang duduk disamping kami ketika pengujian ini memberikan instruksi jika mobil wajib diposisikan pada gigi 1. Sebelum memulai trek, maka sistem penggerak 4x4 diaktifkan ke posisi 4WD Lock. Caranya dengan memutar ke arah jarum jam tombol 4x4 yang ada di center console.

Ground clereance yang mencapai 210 mm, dengan departure angle hingga 35 derajat dan approach angle 30 derajat, maka bukan hal sulit bagi Renault Duster 4x4 melewati jalan kerikil, kubangan lumpur hingga "berendam" dalam kubangan air. Namun butuh kebiasaan untuk dapat menyesuaikan diri dengan kompling manual dari Duster ini, pasalnya unit yang kami rasakan untuk masuk ke posisi gigi 1 cukup keras.


Tetapi dengan dimensi 4.315 mm x 1.822 mm x 1.673 mm, maka Duster sangat mudah untuk melakukan manuver pada sudut-sudut ekstrim. Apalagi sasis monokok plus suspensi yang baik, berada di kabin Renault Duster 4x4 tidak terasa seperti ada di ruang interior sebuah SUV dua alam yag biasanya terasa sangat keras. Masih terbilang lembut dan nyaman untuk bsia dipakai bersama seluruh anggota keluarga.
Kehebatan Renault Duster 4x4 4.5 5 zona Wednesday, April 8, 2015 Renault Duster 4x4 sebenarnya bukan produk baru bagi PT Auto Euro Indonesia selaku pemegang merek Renault di Indonesia. Varian penggerak rod...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.